Sekelumit tentang Chiropractic

chiropractic4.jpg Beberapa hari terakhir ini, saya sangat familiar dengan istilah chiropractic (baca: kairoprektik). Istilah yang sebelumnya asing bagi saya sekarang menjadi bahan pencarian di search engine. Binatang apakah chiropractic ini?

Dalam pengertian dangkal saya chiropractic adalah cara penyembuhan modern dengan berprinsip bahwa tubuh manusia mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri (self healing). Di Indonesia dalam beberapa tahun ini, praktik chiropractic bermunculan terutama di kota Bali dan Jakarta. Saat ini, memang masih didominasi oleh orang asing sebagai chiropractor. Apa saja yang bisa disembuhkan dengan cara chiropractic ? Diantaranya adalah penyakit yang berhubungan tulang belakang, vertigo, leher kaku, nyeri punggung, dsb. Uniknya pengobatan ini tidak membutuhkan alat yang canggih, obat2an, apalagi jarum suntik cukup bermodalkan tangan yang trampil dan alat2 sederhana seperti tongkat, kain, dan stick kecil.

Ternyata sebagian besar orang tidak begitu peduli (tahu) bahwa setiap gerakan, postur tubuh, akitivas tangan dan kaki, gerakan leher dsb yang dilakukan semasa kecil sangat mempengaruhi kesehatan tubuh di masa yang akan datang. Karena setiap gerakan akan mempengaruhi Saraf2 pusat yang terdapat dalam di 24 tulang belakang. Saraf2 tersebut menyebar dari leher (cervical spine) sampai ke pinggang (lumbar spine) sehingga jika terjadi pergeseran atau masalah akan mempengaruhi semua bagian tubuh. Oleh karena itu, jangan sembrang untuk mengambil barang2 yang berat dengan posisi yang salah misalkan mengambil sambil menoleh ke belakang, atau mengangkat beban melebihi kekuatan tubuh.

Bukannya saya“sok pintar“ bicara mengenai chiropractic ? Tapi karena keadaan yang menyebabkan saya mencari seluk beluk mengenai terminologi ini. Hari ini seharian penuh saya menemani papa mendatangi klinik Canadian Chiropractic di daerah darmawangsa square. Chiropractor yang kami temui adalah Dr Richard S Kane, dokter chiropractic asal Kanada yang berpengalaman selama 30 tahun di bidang chiropractic. Salah satu teknik yang digunakan seperti penekanan-penekanan pada bagian-bagian tertentu tubuh, menarik tangan dan kaki, dan pukulan2 kecil. Papa mengalami ganguan di tulang belakang yang kerap kali menimbulkan pegal2, rasanya seperti kena cabe, cepat capek, dan tidak bisa berdiri terlalu lama.

Sekelumit mengenai latarbelakang Papa. Papa adalah seorang wirausaha biasa yang memulai pekerjaan sebagai tukang bengkel las di kampung kelahiran saya Pangkalpinang, Bangka. Aktivitas sehari2nya bergelut dengan benda2 berat, panas, jongkok, berdiri, menjalankan mesin las, dan pekerjaan pendukung lainnya seperti mengecat, pengamplas, memasang dsb. Saya sempat merasakan suka duka pekerjaan sebagai tukang las sampai di SMA. Dari tangan pria berumur lebih dari setengah abad inilah yang mengantar kami sampai perguruan tinggi. Thanks Papa.. for being a good father for Us. Dari kerjakeras sebagai tukang las selama hampir 35 tahun, kami memiliki bengkel yang cukup luas, memiliki beberapa karyawan, dan memiliki langganan setia. Sayangnya, tidak ada satupun anak laki2 yang meneruskan pekerjaan ini. Nah, dari pekerjaan masa lampau papa inilah disinyalir (atau diduga keras) menimbulkan masalah di tulang belakang papa.

Kembali ke masalah chiropractic, menurut Hasil diagnosa sementara Dr Richard penyebab sakitnya papa ada hubungannya dengan dari leher sehingga treatment yang diperlukan harus komprehensif dari leher, pinggang, dan kaki. Beliau melakukan 5 cara untuk mendeteksi dari mana sumber penyakitnya, mulai dari pengukuran suhu dari masing2 ruas tulang belakang sampai kepada gerakan pijat memijat. Semoga Tuhan memberikan kesembuhan bagi papa melalui pengobatan ini.

Sedikit catatan mengenai chiropractic, dari beberapa literatur yang saya baca sebenarnya Chiropractor tidak menyembuhkan penyakit, melainkan hanya membantu tubuh dengan membuatnya dalam kondisi optimum untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Penyelarasan tulang belakang yang membuat tubuh pada kondisi optimum karena saraf-saraf pusat yang keluar dari susunan tulang belakang berfungsi maksimal untuk menyuplai neuron ke jaringan dan organ tubuh.

Ooop..salah satu gejala tidak adanya keselaran tulang belakang adalah alas sepatu (sol) yang tipis tidak merata, misalkan hanya bagian dalamnya saja ? Coba cek sepatu masing2 apakah penipisan sol merata atau sebagain.

TIPS:

Karena chiropractic masih baru apalagi di Indonesia, jangan salah untuk memilih dokter chiropractic karena akan berakibat fatal. Pilih dokter chiropractic yang jelas asal usul dan latar belakang pendidikannya. Gelar yang disandang oleh Doctor of chiropractic adalah DC. Di Indonesia belum ada organisasi chiropractic resmi.

Semoga bermanfaat.


60 responses to “Sekelumit tentang Chiropractic

  • dewo

    Waduh… sol sepatuku habis tidak rata. Selain bagian luar habis duluan, juga cuma kaki sebelah kiri saja yang habis. Itu berarti pertanda… Berat sebelah ya? Hihihi…

    Semoga papa cepat sembuh. GBU.

  • sasti

    Aku tertarik dengan dokter yang merawat papamu? alamat lengkapnya dimana? Berapa kisaran biayanya? Tapi aku sudah terlanjut ambil paket neuro tendo stimulus di salah satu klinik di cempaka putih. Disembuhkan dengan tenaga pemijatan dan tranfer energi CHI. Pernah nyoba nggak?

  • Venny

    Hi … salam kenal..Saya Venny

    Saya juga baru mencobai chiropractic ini satu kali, juga di Canadian Chiropractor tapi yang baru buka di Mega Mall dengan Dr. Gordon.
    Boleh tanya gimana keadaan papa kamu? sudah berapa kali treatment?

    Masalah saya ada di leher yang tulangnya terlalu lurus. Memang setelah di crack badan kayaknya langsung enteng…
    Jadi saya pengen denger dari pengalaman pasien yang mungkin sudah menjalani treatment lebih dari 1 kali.
    Karena saya sedang mempertimbangkan mengambil paket. : )

    Thank ya
    Salam untuk keluarga…
    Venny

  • jsofian

    Hi Sasti dan Veny,salam kenal juga. alamat canadian chiropractic yang saya temui di darmawangsa square lantai 2. kisaran biayanya 1 jt utk pertama kali selanjutnya 600rb. Kalo mengambil paket menjadi 6 jt/12x. Dr Gordon anak didik dari Dr Richard (katanya beliau). Skg papa sudah visit yang ke2, Dr Richard menganjurkan untuk ambil paket saja. Sampai detik ini terus terang blm ada perubahan yang signifikan. Berdoa saja semoga untuk treatment selanjutnya ada perubahan. Trims atas sharingnya.

  • Venny

    Hi Jonathan, kalo boleh kasih saran. Di Mega Mall pluit lantai 3 depan lift murah. First consul dari 600rb jadi 100rb tapi selama promo. Trus di sini 15x adjustment harganya 4.125jt. jadi jatuhnya 275rb. Murah jauh.
    Saya juga sudah adjustment dengan Dr. Richard, beliau memang kelihatanya lebih pro….tapi cuma praktek hari Sabtu
    Oh ya, kalo di MM cuma hari Kamis dan Sabtu, by appointment. 021-6670862

  • jsofian

    trims atas advicenya. kemaren Dr Richnard berhalangan karena sakit :(. terpaksa ditunda 2 minggu lagi. kalo boleh tau bu venny ada kemajuan ngak setelah berobat dengan Dr Gordon? gimana treamentnya? apakah sama dengan dr richard. trims

  • venny44

    Aduh, jangan dipanggil ibu dong he he he….
    masih muda loh

    Sy kalo kamis adjustment dengan dr. Gordon, kalo Sabtu dengan dr. Richard.
    Saya sih udah 2x memang lebih enakkan. Tapi sepertinya jurusnya agak sedikit beda. Kalo dengan Dr. Gordon dibagian leher, dia pake tangan dicari daerah2 tulang atau syaraf ( kurang tahu) baru di crack. Tapi kalo dengan dr. Richard, dia pake alat and tangan kirinya pake sarung plastik, nga tau apa itu trus di tembak2 alatnya ke tangannya yang di sarungin itu sambil menekan bagian2 di leher. gimana ya describenya… bingung juga. Mungkin kamu udah pernah liat.

    Tapi rasanya enakkan Dr. Gordon, soalnya kan dia masih muda, jadi lebih kuat kalo crack badan.

  • jsofian

    Iya..teknik dr richard katanya dia sendiri yang berimprovisasi shg berbeda dengan yang lain. buat saya yang penting hasilnya lebih baik. Kalo tidak keberatan nanti saya email saja ke venny. trims atas sharingnya. semoga cepat sembuh

  • seno

    mas jsofian, mbak venny dan mabka Sasty,…. boleh nggak pengalaman Chiropractic dibagi-bagi. Kebetulan saya sedang menyusun artikel soal Chiropractic. Selain dokter/pakar Chiropractic, saya juga ingin mengetahui pengalaman orang-orang yang pernah mengikuti terapi ini. Kalau anda bersedia, bisa kirim email ke suseno@mail.tempo.co.id

    Thank’s

  • jsofian

    usulan aza, mungkin sebaiknya bu/bpk suseno buat semacam kuesioner, biar topiknya terarah. trims

  • ernie

    hallo temans..

    Saya tertarik untuk menggunakan jasa chiropractic..ada saran saya harus kemana..saat ini badan saya rasanya sering pegal2 ga keruan..susah konsentrasi..dan yang paling memusingkan sulit tidur..jadi lemez badan kl pagi hari..

    tx u infonya

  • jsofian

    Hallo juga teman ernie,
    saya hanya tau sedikit mengenai chripractic karena papa sedang treatment di sana. Kalo saran di chiropractor di mana, saya ngak berani. Papa treatment dengan DR richard di darmawangsa square, tp menurut veny sekarang ada juga di mega mall dengan DR gordon (anak didik dari DR richard). Tempat yang lain setahu saya di bandung dan bali. Kalo ingin tahu lebih banyak silakan saya email di sofian@sisfokampus.net. tq

  • elin

    Hi semua.. cuma mau nambahin aja, sekarang ini aku juga kerja di salah satu klinik chiropractic.. sebenernya dari tahun 2005 udah ada asosiasi untuk para chiropractor namanya perchirindo (perhimpunan chiropractic Indonesia).

    Dan setau aku sih masing2 chiropractor punya cara tersendiri untuk melakukan adjusmentnya dan tentunya masing2 klinik chiropractic juga harganya beda-beda.. sekarang tinggal dari kitanya aja.. Ada yang pertimbangannya dari harga, ada juga yang nyari clinic chiropractic yang deket dengan lokasi rumah atau kantor atau liat dari dokternya juga.. kalau mau info clinic tempat aku kerja sekarang bisa di lihat di website kita http://www.chiropractic-asia.com

  • Tri Suadji

    Buat teman2 penderita cervical/lb pain.
    Biasanya, kita penderita cervical/low-back pain mmg tdk nyaman dgn pegal2/nyeri nya. Saya pernah diteraphi setahun lalu dgn chiropractor kalau tidak salah namanya dr. Ny. Tinah, di Kelapa Gading.Orangnya masih sangat2 muda, ramah, banyak memberi informasi, dan menurutnya dia belajar bidangnya di Australia. Saya baru diteraphi 3 x, dengan tindakan masas dan dengan alat yang kalau tidak salah fungsinya untuk membantu merenggangkan ruas tulang belakang. Enak dan tidak sakit. Waktu itu biaya per datang Rp.200 ribu (seminggu 2 x datang). Waktu itu pula saya cross-check ke Dharmawangsa, biayanya per datang Rp.600.000,-. Dengan biaya 200 rb, saya tidak lanjutkan, berat diongkos. Saya lagi akan coba di klinik alternatif kecil Daru Syifa jl. Raya Bogor, tlp-8708065 dekat mall Cimanggis. Disana disebutkan ada therapi chiropractic. Mudah2an lumayan. Nanti setelah teraphi, akan saya informasikan bgmn perkembangannya.

  • oca

    allo semua..salam kenal..
    Mo ikutan nanya ya, siapa tau ada yg punya info..
    klinik chiropractic yg di mega mall pluit itu msh buka ga ya?
    pertengahan november kmrn aku nemenin papa kunjungan pertama ke Dr.Richard. Tapi pas mo kunjungan ke 2 katanya Dr. Richard berhalangan, trus pas sabtu di minggu ketiga Dr.Richard juga msh berhalangan, katanya sih mo ada pergantian manajemen dan di minggu ke empat malah telepon di kliniknya udah ga ada yg ngangkat.
    Padahal hasil rontgen papa (5) udah terlanjur di kirim langsung ke klinik dari Lab.Pramitha..
    Ada yang tau ngga ya tempat prakter Dr.Richard yang lain or Pindah kemana ya klinik yg di megamall pluit itu?

  • jsofian

    Praktek lainnya ada di darmawangsa square. FYI, minggu kemaren saya ngobrol dengan dokter dari Jerman ahli ortopedi. di eropa, chiropractic belum sepenuhnya diakuinya artinya jika terjadi apa2 dengan pasien dokter tidak bisa dipersalahkan. apalagi di indonesia yang belum tersosialisasi dengan baik. Mungkin ada yang tahu perkembangan terakhir di Ind?

  • m.sajid

    Hi bagi bagi pengalaman donk , aya menderita HNP pada tulang belakang (leher no 6 dan 7) sehingga rasa tdk nyaman pada bahu kiri sampai menjalar ke lengan kiri terasa kesemutan ,
    apakah chiropractik dapat menyembuhkan penyakit yang saya derita

  • amed

    Mba tri Suadji,
    mo tanya hasil pengobatan setelah dari chiropractor Ny,tina yang di kelapa gading ada perubahan nggak? boleh minta alamat prakteknya gak? saya mengalami pegel leher nih,nyiksa banget.tolong ya thanx

  • wiwin

    aloo smua…aku wiwin

    aku mo sedikit share tentang keluhan aku nih..
    setelah aku melahirkan secara caesar , bekas suntikan epidural di punggung ku tiap kali terasa sakit.. nyeri & ngilu.. padahal aku melahirkan sudah hampir 1 tahun yg lalu.. sudah hampir 3 hari belakangan ini sakit di punggung ku sangat terasa sekali sampai aku ngga bisa bangun dari tempat tidur dan kepala ku rasanya berat sekali….

    mungkin ga ya kalo aku coba chiropractic ini bisa tau knp & bagaimana cara atasi rasa sakit punggung ku ini…

    thx

  • aliem

    bagus artikelnya. Situ oke??

  • ipung

    mau nanya ke mr. tri suadji , gimana perkembangan pengobatan ke darul syifa nya soalnya kami dekt dengan tempat itu maksih. kalau nggak kebeatan alamat emailnya bisa diinfokan tq

  • Tri Suadji

    Pro Bung Amed & Bung Ipung : kalau tidak salah dr. Tinah sudah pindah, tapi tetap di wil kelapa gading. Coba cari nama tsb di google. Informasi lanjut, saya akhirnya menjalani operasi tulang leher, krn memang hrs operasi. Ternyata syaraf/sumsum di tulang leher sy tertekan oleh pengapuran hingga separuh, membahayakan bisa mengakibatkan kelumpuhan. Sy operasi di RS. Siloam Karawaci 10 feb 07. Operasi selama 8 jam, dan dirawat selama 3 hari. Sekarang dalam taraf recovery. Hari keempat saya sudah jalan2 dan mengemudikan mobil sendiri. Semoga yang anda rasakan tidak separah yang saya alami Tq.
    Bung Ipuing, saya tidak jadi ke darul syifa, karena saya malahan operasi, spt yang saya ceritakan diatas. Thks.

  • yuni

    hai…aku yuni..aku mau sharing cerita..aku baru 2kali di treatment di canadian chiropractic di darmawangsa square..ama Dr. Gordon. keluhanku..my back pain is killing me…leher ku jg kaku bgt..tapi itu karena aku pny skoliosis kayanya…Dr. bilang…skoliosis gw mgkn bisa disembuhkan tapi dalam waktu yg lama sekali…we’re talking bout years…tp kalo hasil yg bisa didapet dlm waktu dekat…adalah ngilangin back pain nya…
    aku jg lagi tanya2 ttg keabsahan chiropratic…abis kan disini blm sering denger…ada yg tau..?

  • Jordan

    hallo,papaku juga sakit tulang leher nomer 2 dan 3nya kata dokter meruncing akibat penuaan, jadi kalo noleh dikit aja punggungnya langsung sakit2, ini terjadi gara2 papa ngangkat beban berat suatu waktu dan tiba2 punggungnya jadi sakit2. Apa ini sama dengan yang diceritakan teman2 di atas, baiknya papa ku bawa kemana untuk pengobatan? kasihan papa tiap malam nggak nyenyak tidurnya gara2 sakit ini.
    mohon bantuan informasi dari teman2 ya,,, kalo boleh aku minta informasi lebih lanjut ke jord_vanhalen@yahoo.com
    thx

  • Tungz

    Hi..salam kenal
    Saya juga punya gangguan HNP di bagian lumbal 4 dan 5…cuma mau sharing info kalo ada juga klinik chiropraktik di Jl. Pintu Air namanya Dr. Li Chen Tung, bisa kontak di 352-1618
    biayanya perdatang 250rb trus dia ada jamu harganya 10rb/bungkus, sehari bisa 1-2bungkus. semoga membantu ya…

  • Nunq

    Hi… salam kenal
    Pak Tungz, saya mo tanya gimana hasil dari pengobatan di Dr. Li Chen Tung, ada perubahan? Soalnya saya ada rencana ingin bawa anak saya (9 tahun) berobat ke sana. Saya tinggal di Bandung. Atau ada yang punya info ttg ahli chiropractic di bandung selain Canadian Chiropractic? Thanks ya….

  • Agnes

    Betul harus selektif dalam memilih chiropractor, pengalaman saya ada satu chiropractor yang praktek di gedung perkantoran di area business distrik Jakarta, saya temukan chiropractor-nya amat sangat tidak kooperatif. Sebagai pasien orang Indonesia kita exited banget ingin menceritakan keluhan dan sakit yang dirasakan pada saat konsultasi, tapi kesannya chiropractor ini PERHITUNGAAAAAAAAAAAN banget.
    1st: cara dia menjelaskan ke pasien buru-buru, lamaan nunggu giliran ketemu chiropractor dibanding ketemu chiropractor-nya padahal itu sesi konsultasi loooh.
    2nd: only a couple of minutes penjelasan atas penyakitnya lalu bilang harus dateng 3 kali seminggu..lah sebagai orang awam gimana mau percaya wong penjelasannya tidak detail gitu kok
    3rd: udah bayarnya mahal dokternya jutek pula…

  • mona

    Hi Jsofian

    Mamaku jg ada masalah dg tlg blkg ny, ada ga klinik chiropractic d bdg ? klo ada tlg alamat lengkapnya donk

  • mona

    Hi Jsofian

    Mamaku jg ada masalah dg tlg blkg ny, ada ga klinik chiropractic d bdg ? klo ada tlg alamat lengkapnya donk, thx yach

  • indian kecil

    thx buat infonya. gw scoliosis parah, nih…
    gw udah konsul ma dokter richard. minggu dpn gw mulai terapi.
    wish me luck, ya!

    visit my blog:
    http://blog.indosiar.com/indian/

  • indian kecil

    oia… info buat mona, nih…
    di bandung, lo juga bisa terapi.
    dr. nickolas dan dr. richard buka prakttek di PARIS VAN JAVA.
    good luck, ya !

  • jsofian

    @temen2
    Semoga temen2 atau kerabat yang mengalami gangguan tulang belakang cepat sembuh

    @MOna
    yah..dibandung ada di ruko paris van java, arah menuju setiabudi,alamat lengkapnya saya lupa.cepat sempuh yah mamanya

    @indian kecil
    sy bekunjung di blog indian, blog yang bagus..:) cepat sembuh yah

  • mona

    thx bgt yach bwt infonya

  • indian kecil

    thx ya udah visit blog gw :)
    salam kenal…

  • kevin

    Ada bagus tuh dih paris van java mall bandung. Dr Nicholas DC. dia cukup sabar dan teliti dalam menganalisanya. menerangkan dng step by step. it is ok ada assisten kalau ada masalah dng translation bahasa. saya sudah 5 kali kemarin.

  • Margy

    Untuk pak Tri Suadji, kalau masih visit di sini…, tlg cerita tentang ops-nya dong…. prosesnya bgm, kemajuannya sekarang bgm… dan waktu itu dokternya siapa… terus habisnya berapa…, kebetulan saya jg ada masalah di C4-5 dan C5-6.
    Thx sebelumnya…

  • nina

    aku lagi pake cara suntik enzym di carolus. Apa ada yang pernah coba & berhasil? 6 x suntik. Masalahku HNP cervical C5-6. Bantalan tulangnya menjepit saraf, kelihatan dari MRI. Harusnya di operasi. Udah 3 dr yang suruh aku operasi. Engga kuat biayanya & takut banget. Ada temen yang pernah coba & berhasil ngak? Aku baru 1x suntik. Lama banget rasanya mau ke 6 x.

  • victorin

    hi everybody… gw kebetulan lagi cari2 info sesama penderita scholiosis.. kalo ada yg punya email back dung… saat ini gw lagi theraphy sama dr.Tinah Tan d kelapa gading… karena gw takut operasi… menurut yang gw baca2 ternyata operasi juga tidak menyembuhkan… semua sifatnya sementara, malah repot harus ganti2 pin..(aduh berarti operasi lagi khan???) gak deh!.. akhirnya gw putuskan untuk jalani dulu theraphy dr dr. Tinah… memang untung spine gw yang letter S.. take’s time untuk bisa lurus.. setelah diperiksa ternyata d bagian panggul gw juga naik sebelah ( even gak sebanyak punggung)..karena efek dr spine gw juga… setelah treatment… untuk punggung dan panggul n leher gw (agak kena juga).. panggul gw bisa hampir turun rata sama seperti sebelahnya… (Thank GOD!!!!).. kalo posisi tidur tengkurap baru terlihat.. , walaupun baru panggul tapi gw seneng banget!!!… kemajuan dung!… gw bersyukur banget gw ikut theraphy ini…. dan dr menganjurkan gw untu melakukn gerakan2 untuk di rumah n pake balsem untuk otot gw… membantu banget c… dan dr juga menganjurkan gw ikut kelas pilates dengan instruktur yang mengerti soal scholiosis.. katanya membantu memperbaiki postur tubuh… otot2 n otomatis tulang gw… gw ikutin semua!.. fitness tetap jalan tapi dengan konsentrasi ke gerakan2 memperkuat otot2 gw aja… terutama core n balance… katanya instruktur gw, pada punggung gw sebelah kiri sudah mulai ada tonjolan seperti yang kanan alias mulai ada perubahan….. gw gak tau gerakan mana yang merubahnya tapi semua gw jalanin bersamaan…. and it feel good!.. memang belum sempurna n kadang2 it hurts (namanya juga pada posisi yang salah terlalu laa dan mau d koreksi…yaa gak nyaman!)… ibaratnya skarang pelatih pilates gw juga selalu mengingatkan untuk gw jalan tegak supaya punggung, leher gw lurus!..gak enak tapi gw paksa!… gw sebut itu “jalan sombong!”…hehehe… gw cuma mo bilang, dari pengalaman gw… ternyata bisa kok sembuh walaupun tiap case orang berbeda2 lamanya…
    … yang disayangkan disini tuh blom ada braces yang canggih kayak d singapore… cuma dililit2 n gak keliatan… d tempat chiropractic nya pun blom ada ruangan/ kelas latihan senam2 seperti yang gw baca di amerika… keburu tua deh!!! ..btw, thanks for reading my letter… bye

  • victorin

    btw alamat dr tinah tan di apartemen kelapa gading mediterania… citylife chiropractic namanya… , tapi dokter tinah hanya praktek pagi sampe jam 12an siang… sisanya dokter lain… gw aja sampe bolos kantor…. =P

  • victorin

    oia..kalo sebelum jam 11 kayaknya ada diskon d… makanya rame.. gpp mahal yang penting sembuh kali!.. =)

  • nina

    Hi,teman2 senasib HNP cervical atau HNP lumbar. Ternyata aku enakan setelah 5 x suntik oleh Dr. Ucok di RS Carolus. Padahal penyebabnya bukan perkapuran, tapi karena cidera. Aku merasa kasihan kalo ada orang yang sakit spt aku, rasanya sakit sekali sampai ingin di operasi saja rasanya. Boleh coba suntik di sana, aku udah bisa tidur sekarang, walau belum sempurna karena masih ada 1x suntik dari paket minimal 6x.
    Sekali suntik 250rb. Ngilu & kesemutannya berkurang, tinggal pegal-pegal di tulang belikat & tangan kanan. Aku udah bisa nyetir sekarang, walau masih kadang kalo lewat jalan yang banyak polisi tidurnya pake neck colar. Operasi sangat berisiko. Semoga yang lain juga cepat sembuh. Terima kasih untuk sarana unt. curhat sesama penderita ini.

  • tony

    mau share aja ….Anakku perempuan umur 13 th. diketahui mengalami scholiosis pada tahun 2006 yll… membaca tawaran salah satu brosur tv.. mengenai terapi scholiosis.oleh dr. David di HMC jakarta.. hr ini janjian mau kosultasi…. mungkin ada teman2 yg pernah ikut terapi dgn beliau…bagi2 ceritanya dung………

  • kristin

    Kalau ada yg. bisa bantu – berapa nomor telpon dr. Tinah Tan – Kelapa Gading dan dr. Richard – Darmawangsa sq. Thanks banget.
    Ada yg. tahu/pernah ke chiropractors Anthony Dawson – Jakarta stock exchange atau Mark Lane – Wisma Metropolitan atau David Husband – Terogong Raya nggak? Tolong nomor telponnya juga dong dan pengalamannya.

  • Margy

    Hi Kristin,

    Ini kebetulan saya ada no telp dr. Richard S Kane, Darmawangsa sq, 021-72788355, 021-70816995. Saya ikut terapi yang di Bandung.

  • Enzo

    Kl mau contact Dr David, hbg 021-750-7090

  • Santi

    Dear Jsofian, boleh tanya ga, berapa usia papa kamu? Saya menduga sekitar 50-an? Bagaimana perkembangan pengobatan dengan chiropractic, apakah cepat atau lambat? Sebab pada orang yg usianya sdh lanjut mungkin organ2 tubuhnya sudah mulai banyak yg bermasalah sehingga mungkin lebih lama sembuhnya? Aku sedang mempertimbangkan apakah ibuku juga berobat ke chiropractic. semoga papa kamu cepat sembuh.

  • Nori

    Hallo semuanya,
    saya masih awam dalam urusan chiropratic. Tapi udah 2x ke dr Gordon, setelah baca brosur di depan clinicnya yg di Dharmawangsa Square. Tadi saya ke sana untuk ke 2x nya, udah rontgent segala. Dan kemudian ditawari paket Rp 5 jt untuk 12x kunjungan, instead of 12x Rp 500,000. Ada yang pernah ambil paket ini gak? Bukannya apa2, 5 juta kan duit gak sedikit. Gimana kalau udah bayar segitu, terus dokternya gak praktek lagi, atau jadi mendadak “berhalangan” melulu :-). Bukan berprasangka buruk sih, cuma belum tahu aja kancah praktik per chiropractic an di Indonesia.

    Terus soal pengalaman konsultasi dokter, kebalikan dari pengalaman rekan Agnes, dr Gordon ini selalu menjelaskan panjang lebar tentang masalah yg saya hadapi, dg bahasa awam. He3x jadi ingat pengalaman konsultasi dg salah satu dokter di RS di Jaksel yang menerangkan penyakit saya penuh dg tebaran istilah2 kedokteran.

  • Penny

    Alo semuanya…

    Ada yg tau alamatnya Tinah Tan yang baru ga? Cari di internet susah bgt…

    Thx yah..

  • canadianchiropractic

    Haloo semuanya…

    Segera buat appointment, untuk memeriksakan kesehatan anda di Canadian Chiropractic

    Canadian Chiropractic
    Mall Paris Van Java Lg 01 Sukajadi Bandung.
    (022) 82063640 / 82063641

  • drtinah

    hallo Jonathan dan semuanya, perkenalkan saya dr.Tinah Tan, chiropractor and medical doctor as well. Senang mendengar ada yang terbantu dengan chiroprctic ini. Di Indonesia sudah terbentuk Perhimpunan Chiropraksi Indonesia ( PERCHIRINDO, bisa dikunjungi websitenya: http://www.perchirindo.org). Kami dari PERCHIRINDO akan mengadakan chiropractic Course dalam waktu dekat , bila ada yang berminat bisa menghubungi bagian register dengan contact: Abdullah di 30042083

  • pumpieumpieumpkin

    hi semua.. aku jg mengalami masalah tulang belakang. tp msh blm ykn.. saya keseleo d pinggang.. n sedari itu pinggan saya skt bgt.. kdg kalo lg kambuh, smp ga bs berdiri ato jalan..
    berbalik d tmpt tdr aja sakit bgt..
    aku uda bolak balik dr syaraf n tukang urut.. tp belom jg sembuh..
    ada bs ksh suggest ga? dokter mana yg bagus, bagusnya ini pinggang diapain.. kalo ada saran, bole email ke iluvia_dama2306@yahoo.com
    thx ya teman2..
    jonathan blognya membantu sekali ;)

  • andicomm06

    Hi Victorin,
    Gimana hasil dari pengobatan Chiropractic dgn dr.Tinah Tan.
    Da normal belum sekarang ? Khan da setahun ?
    Bagi2 info dong.
    Thanks

  • ogiexslash

    Hallo….
    Sekedar untuk menambahkan, bahwa di Bandung kini selain Klinik Canadian Chiropractic, juga ada Japanese Chiropractic yang beralamat di Cihampelas 116, 022 2030039. Therapi dilakukan selama kurang lebih 40-90 menit tergantung dari kasus yang dialami pasien. Di klinik ini juga tidak menerapkan sistem paket, jadi setiap pasien bebas menentukan kapan mereka ingin meneruskan therapinya atau keluar setiap saat (jika merasa tidak cocok dan membosankan). Satu kali therapi 245.000, dan diajarkan beberapa gerakan-gerakan senam yang harus dilakukan di rumah untuk mempercepat penyembuhan. Teman saya yang memiliki masalah skoliosis (kecelakaan pada umur 7 tahun, sekarang umur 54) sangat terbantu dengan japanese chiropractic ini. Bahkan setelah beberapa kali therapi dia sudah bisa cium lutut, yang tadinya berdiri sebentar sakit, duduk sebentar sakit, tidurpun tidak nyaman. Saya sendiri belum pernah mencoba (karena memang belum merasa ada kelainan di tulang belakang), tetapi melihat keberhasilan temen saya ini, mungkin hal ini bisa menjadi salah satu pilihan.

  • medellinhelena

    bisa di coba, JAPANESE CHIROPRACTIC di BANDUNG, jalan CIHAMPELAS 116, telepon 0222030039. Therapist lulusan JEPANG. belajar langsung di JEPANG. memang tulang yang mengalami masalah tidak bisa langsung sembuh dalam sekali pengobatan, tetapi dengan terapi yang rutin, hasilnya sangat memuaskan. Therapist terbukti bekerja dengan JUJUR. akan memberikan SARAN-SARAN yang baik agar proses penyembuhan bisa berjalan secara maksimal. sebelum terapi, PASIEN DIHARAPKAN MEMBUAT JANJI karena therapist khusus chiropractic HANYA SATU dan tidak selalu ada di tempat praktek. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

  • totoksyaraf

    chiropractic adalah suatu metode pengobatan untuk membetulkan
    struktur tulang, khususnya tulang belakang dengan menggunakan tangan. jika struktur tulang belakang anda mengalami perubahan
    ( di sebut dengan subluxation ) ini akan mengganggu aliran
    system syaraf sehingga kinerja organ tubuh menjadi terganggu
    dan penyakit pun akan mudah datang

    chiropractic mempercayai adanya hubungan antara suatu penyakit dengan perubahan posisi tulang belakang .

    dengan memperbaiki posisi tulang belakang sebagaimana mestinya, diharapkan keluhan-keluhan yang dirasakan akan membaik dan berangsur hilang.
    untuk info bisa baca di http://www.totoksyaraf.com
    atau hub. 021 4414383 / 081318731684

  • valleylin

    Ada yg tau ga skg Dr. Gordon praktek dmn? Trus dr. Tinah Tan bgs ga ya? Sy tlg lehernya lurus dan sering skt kepala, n pundak kaku. Pengen ke chiropractic.

  • valleylin

    Ada yg tau ga prakteknya dr. Gordon skg dmn? Trs dr. Tinah tan bgs ga ya?

You must be logged in to post a comment.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

