Belajar Jadi Pembicara Profesional, Perlu ngak sih?

Saya mempunyai suatu impian yaitu menjadi seorang pembicara dan penulis buku di saat memasuki masa2 pensiun nanti. Alasannya simple, supaya ngak cepet pikun karena survey membuktikan bahwa orang Indonesia banyak yang pikun karena tidak mengoptimalkan kinerja otak setelah masa pensiun. Bandingkan dengan di negara maju, para manula masih beraktivitas untuk mengisi waktu di usia emas mereka, caranya terlibat aktif di organisasi, menjadi penulis, menjadi pembicara, atau justru memulai menjadi entrepreneur.

Alasan menjadi pembicara, pertama “memaka” saya mesti tetap harus belajar supaya bias memberikan presentasi yang uptodare, kedua  keberadan saya menjadi bermanfaat bagi orang lain, Ketiga tetap dapat produktif di masa usai emas nanti. Tetapi bagi sebagian orang berbicara di depan umum dapat menjadi momok yang selalu dihindari. Dahulu saya mempunyai paradigma yang salah dan sama sekali terbukti, paradigmanya adalah saya berasumsi (ketika kuliah) bahwa berbicara didepan umum dapat dilakukan secara otomatis setelah memasuki dunia kerja. Ternyata, persepsi itu 100% salah. Kebenarannya adalah seorang tampil sebagai pembicara professional setelah melalui proses yang panjang dan berulang-ulang. Mustahil seorang pembicara tampil secara instant dalam waktu sekejab. Sebenarnya masa2 kuliah adalah masa pelatihan dimana mahasiswa dapat belajar selebar-lebarnya tanpa takut dihakimi karena tidak ada istilah haram dalam masa belajar. salah itu biasa, dipermalukan temen yah. Jadikan saja pemicu untuk lebih baik, dimarahin dosen anggap saja koreksi positif, ngak lulus ujian anggap aza itu kesuksesan yang tertunda.

Cara yang paling mudah untuk belajar menjadi pembicara profesional adalah pertama dengan belajar jadi pembicara sendiri, kedua cara model pembicara yang dianggap berhasil..jangan malu2 belajar dari cara dan metode yang dipake. Ketiga belajar mengenal tipe2 audiance.

 

About these ads

2 responses to “Belajar Jadi Pembicara Profesional, Perlu ngak sih?

You must be logged in to post a comment.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: